Upgrade Audio TVS Rockz, Enggak Kalah Dari Mobil

20101227AudioRockzl Lead Upgrade Audio TVS Rockz, Enggak Kalah Dari Mobil

Jakarta – Boleh dibilang, satu-satunya dengan peranti sebagai standar adalah TVS , jadi penunggangnya tak perlu pakai earphone untuk mendengarkan lagu, karena memang tidak dianjurkan kala berkendara.Mau dengar lagu dari radio? Atau koleksi MP3 dari flashdisk pun bisa diputar di peranti yang berada di tengah punggung’ 125 cc itu. Tinggal tekan tombol, maka dua buah speaker yang berada di samping pun mengeluarkan suara lagu-lagu.
Tetapi, kepuasan mendengarkan lagu tidak bisa sama untuk tiap orang. Seperti peranti yang boleh dibilang istimewa ini, masih terasa kurang bagi beberapa orang.
Ada yang bilang suaranya masih terdengar kurang pas dengan dua buah speaker yang menjadi standarnya. Nah, kalau sudah begini, tentu perlu upgrade kualitas suaranya, nih!
Zasoem, dari Pesona di kawasan Pos Pengumben, Joglo, Jakbar pun seolah gatal ingin meningkatkan performa suara pada TVS ini. Menurut instalatur ini, tak ada masalah mendasar untuk meningkatkan pada ini.
“Utamanya, perangkatnya tak besar dan bisa muat pada boks di bawah jok,” ujarnya seraya menunjuk bagasi di bawah jok.
Dengan ruang terbatas itu, tentu pilihan komponen pun mesti berukuran mini, tak seperti pada yang menggunakan peranti lebih besar di dalamnya.
Lelaki berkacamata itu pun mengambil subwoofer berdiameter 6 inci untuk dipasang di . “Ini paling pas diameternya, karena nantinya tentu dipasangi boks dan begitu pun lokasi power amplifier di dalam bagasi ini,” tuturnya.
20101227AudioRockzl Lead1 Upgrade Audio TVS Rockz, Enggak Kalah Dari Mobil
Input dari flashdisk bisa digunakan (kiri). Speaker depan jadi input untuk inverter (kanan)
Dan memang, untuk aplikasi pertama kali yang dibuatnya ini, ia menggunakan subwoofer berukuran 6 inci plus boks agar gema suara subwoofer-nya semakin membahana juga disesuaikan dengan ruang yang tersedia pada bagasi .
Terlihat, subwoofer plus power amplifier terletak di dalam bagasi ini. “Ini memang baru pertama kali, nantinya tentu akan dibuat lebih bagus lagi,” ungkapnya.
Aplikasi ini, tetap mengandalkan speaker asli bawaan . “Jadi saya menggunakan power amplifier 2 kanal untuk mengaktifkan subwoofer di belakang ini,” jelasnya. Namun, untuk yang menginginkan menukar speaker depan aslinya, tentu bisa andalkan power amplifier 4 kanal. “Asalkan, dimensi power amplifiernya kecil, sehingga muat di bagasi, berbarengan sama boks subwoofer,” jelasnya.
20101227AudioRockzl Lead2 Upgrade Audio TVS Rockz, Enggak Kalah Dari Mobil
Lalu bagaimana Zasoem mengaplikasi dua sistem ini?  Dari player bawaan standar dan dipasangi subwoofer-nya.
“Player dan speaker bawaan dijadikan input untuk inverter dan power amplifier,” tukasnya. Lantas, input suara itu diangkat’ oleh power amplifier untuk menggerakkan konus subwoofer agar bisa mengeluarkan suara lebih keras.
Tetapi, nantinya Zasoem akan membuat satu perangkat built in di ini. “Jadi enggak kelihatan kabel-kabelnya, lantas ada soket tersendiri, bisa dicopot dengan mudah jika diinginkan,” ungkapnya, soal subwoofer dan power amplifier di ini.
Sementara model seperti yang sekarang ini, bisa ditebus sekitar Rp 650  ribu. Enggak kalah dengan , bukan? Ada subwoofer-nya.  (motorplus.otomotifnet.com)

No comments:

Post a Comment