Substitusi Karburator Sepeda Motor TVS, Tak Selangka Mereknya

Tips Mesin TVS

 
Jakarta - Karburator memiliki peran sangat pen­ting bagi mesin motor. Semua sumber pembakaran di ruang bakar berasal dari sini, untuk dikarburasi campuran bensin dan udaranya. Melalui spuyer, baik main-jet maupun pilot-jet, juga jarum skep, aliran udara dan bahan bakar akan melewati venturi menuju ruang bakar. Siap-siap diledakkan oleh percikan bunga api dari busi.

Sama hal dengan motor asal India ini, sistem karburasinya tak beda dibanding motor lain. Memang, kalau dilihat dari mereknya terkesan asing di telinga, seperti pada karburator pada motor-motor buatan TVS ini. Mereknya terlihat langka, yaitu Ucal. Berbeda bukan, dengan Mikuni atau Keihin yang lebih umum dikenal di tunggangan roda dua di Tanah Air.

Tetapi, kalau diteliti lebih lanjut, bentuk fisik karburator Ucal ini masih mirip-mirip dengan karburator yang sudah lebih dulu ada di sini. "Ini sama dengan Mikuni, bentuknya begitu pun diameter venturinya," jelas Choki dari bengkel Ultra Speed Racing di kawasan H. Mencong, Ciledug, Tangerang, Banten.

Seperti ketika karburator dari TVS RTR 160, bentuknya mirip Mikuni BS26 yang dipakai pada Suzuki Thunder 125. "Spuyernya pun bisa pakai punya Mikuni," terang Choki. Tentu tak beda dengan tipe lain dari TVS, seperti TVS Neo 110 dan TVS Rockz 125.

Persamaannya, karburator Mikuni yang biasa digunakan pada Suzuki. Jadi, meski mereknya terlihat jarang, untuk mencari spuyer pengganti pun tentu tak sulit. Apalagi spuyer Mikuni cukup banyak di pasaran. Jika ingin sekadar mengganti main-jet atau pilot-jet satu step, agar disesuaikan dengan knalpot freeflow yang baru dipasang, tak menjadi hal yang sulit, karena parts yang tersedia cukup mudah didapat.


Karbu TVS RTR 160, mirip Mikuni BS26. Keihin PE 28 bisa diaplikasi dengan mudah

Namun, bukan tak mungkin juga untuk upgrade dengan karburator lainnya. Seperti pada TVS RTR 160. Bisa juga menggunakan karburator sejuta mekanik, yaitu Keihin PE 28, yang basisnya berasal dari Honda NSR SP.

Tentu, karburator itu bukan tipe vakum, melainkan langsung menggunakan skep yang ditarik dari kabel gas. Tipe bebek pun demikian, ada pilihan-pilihan yang bisa digunakan, seperti pada TVS Rockz yang dipajang untuk acara Jakarta Motorcycle Show lalu. Walau perlu mengganti intake manifold, karburator Mikuni TMR 24 bisa diaplikasi pada bebek dengan pemutar lagu-lagu MP3 itu.

No comments:

Post a Comment