Memilih Monitor Terbaik Untuk Komputer Anda

Monitor merupakan perangkat penting dalam sistem komputer. Tanpa monitor, mustahil kita dapat mengoperasikan komputer yang super canggih sekalipun. Dalam sistem kerja komputer, monitor termasuk alat output (keluaran) yang menghasilkan soft copy berupa tampilan pada layar.

Jadi, apapun yang akan kita kerjakan dengan komputer tentu saja perlu ditampilkan dengan monitor supaya berjalan dengan baik.

Seiring perkembangan teknologi, monitor pun mengalami metamorfosis mengikuti tuntutan kebutuhan dan mode. Monitor pun berkembang mulai monitor tabung CRT (Cathode Ray Tube) hingga monitor berlayar datar (flat).

Ukuran Monitor

Ukuran layar monitor sama dengan ukuran layar televisi, yaitu jarak diagonal pada layar yang dinyatakan dalam satuan inci. Pada umumnya, ukuran monitor terdiri atas 14”, 15”, 16” 17”, 19”, dan 21”. Tetapi ukuran tersebut tidak lazim digunakan pada laptop yang biasanya menggunakan ukuran 12,1”; 13,3”; 14,1” dan 15”.

Selain ukuran fisik layar, monitor juga dapat diukur dari resolusi dan jumlah warnanya. Resolusi merupakan jumlah picture element (pixel) yang terkandung dalam monitor. Semakin banyak pixel yang dimiliki, semakin baik dan halus penampilan monitor. Misalnya, monitor 17” biasanya memiliki jumlah pixel 1024 x 768 yang menghasilkan lebih dari 65.000 warna.

Jenis-Jenis Monitor

Dilihat dari bentuk fisiknya, monitor dapat dibedakan menjadi monitor tabung dan monitor layar datar. Perbedaan tersebut sebenarnya terjadi karena adanya perbedaan teknologi yang digunakan. Jadi, lebih tepatnya perbedaan monitor tersebut dibedakan berdasarkan teknologi pembuatannya menjadi CRT (Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display), dan LED (light emitting diode).

Monitor CRT memiliki bentuk seperti tabung sehingga memiliki ukuran lebih besar. Monitor jenis ini menggunakan ruang hampa pada tabung untuk menampilkan gambar dengan sinar katoda. Selain memakan tempat karena ukurannya yang besar, monitor ini juga tentu saja memiliki bobot lebih besar dan memiliki resolusi warna yang kurang maksimal.

LCD (Liquid Crystal Display) merupakan teknologi pengembangan dari CRT. Monitor jenis ini berbentuk layar datar dan relatif tipis. Teknologi LCD memanfaatkan cairan kristal yang dialiri sinyal elektrik untuk menampilkan gambar. LCD menampilkan gambar yang lebih tajam dengan syarat harus dilihat secara tegak lurus dari depan. Jika kita melihatnya dari samping, gambar akan tampak gelap atau seperti terbakar.

Selain itu, kelemahan teknologi ini adalah memungkinkan terjadinya garis hitam melintang atau tegak jika ada kerusakan pada transistornya. Sementara itu, jika dilihat dari aspek keramahan lingkungan, sampah LCD dianggap berbahaya karena pada saat manufakturnya menggunakan merkuri.

Teknologi selanjutnya yang kini banyak digunakan adalah LED (light emitting diode). LED menghasilkan vibrant dan warna melalui pancaran diode. Hasilnya, citra pada layar semakin tajam dan memiliki rasio kontras yang lebih besar serta realistik.

Selain itu, keunggulan LED lainnya adalah lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan merkuri, lebih hemat energy, serta lebih ringan dan lebih tipis daripada LCD. Sementara kekurangan teknologi ini adalah harganya yang masih terbilang mahal.

Tips Memilih Monitor untuk Komputer Anda

  • Sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda menggunakan komputer untuk kepentingan desain dan membutuhkan pencitraan maksimal, Anda tidak salah merogoh kocek lebih banyak untuk membeli LED atau minimal LCD. Akan tetapi Anda cukup membeli monitor CRT dan biasanya sudah berstatus bekas jika Anda memakai komputer untuk mengetik dan kebutuhan ringan lainnya.
  • Sesuaikan dengan ruangan. Monitor LCD dan LED lebih sedikit memakan ruang, maka keduanya cocok untuk ruang kerja komputer yang relative kecil. Namun jika ruangan Anda cukup besar, tidak salah jika masih menggunakan CRT.
  • Sesuaikan dengan budget Anda. Harga LED masih lebih mahal daripada LCD dan CRT. Walaupun jika dihitung dengan pemakaian listrik, LED lebih hemat hingga 40 %.

No comments:

Post a Comment