District 9, Berburu Senjata Alien


Hasrat manusia untuk menguasai senjata canggih alien yang terdampar ke bumi, sedikit terbuka dengan terinfeksinya Wikus van de Merwe (Sharlto Copley). Wikus merupakan petugas lapangan dari Multi National United (MNU), perusahaan swasta yang mengadakan penelitian untuk menggunakan teknologi senjata mahluk angkasa luar, yang hanya bisa digunakan Prawns (sebutan pada alien yang terdampar).

Rencana awalnya, alien dari ras pekerja yang semula terkatung-katung hidupnya di atas kota Johannesburg, kota terbesar di Afrika Selatan, akan dipindahkan ke District 10. Pada awal kehidupannya di bumi setelah diselamatkan manusia dari ancaman kematian, Prawns direlokasi di District 9.

Tak dinyana, di tempat relokasi itu, Prawns berkembang biak sangat cepat. Bertahun-tahun, District 9 berubah menjadi kawasan kumuh. Selain populasinya semakin meningkat menjadi 1,8 jiwa, Prawns juga melakukan transaksi gelap dengan orang-orang asal Nigeria.

Hingga suatu saat, MNU memutuskan memindahkan Prawns ke tempat baru yang lebih luas yakni District 10. Namun operasi pemindahan yang dipimpin oleh Wikus tidak berjalan lancar. Prawns tidak ingin pergi dari tempat itu, sehingga muncullah konflik antara prawns dan manusia.

Saat memeriksa salah satu rumah yang mencurigakan, tangan Wikus terkena cairan hitam dari senjata alien. Ia pun langsung sakit karena cairan itu ternyata berhasil mengubah struktur DNA tubuhnya. Lama kelamaan, tangan Wikus berubah seperti tangan Prawns. Ia pun bisa menggunakan semua senjata milik Prawns.

Status Wikus pun berubah. Dari petugas lapangan MNU, menjadi buronan MNU dan dikejar-kejar pula oleh kelompok pasar gelap Nigeria yang diketuai oleh Mumbo. Jika Wikus berhasil ditangkap, maka MNU akan menjadikannya objek penelitian. Maksud yang lebih jahat, juga ada di kepala Mumbo.

Dalam perburuannya, Wikus sukses ditangkap MNU. Tapi beberapa waktu kemudian ia berhasil lolos. District 9 menjadi satu-satunya tempat teraman untuk Wikus bersembunyi. Saat itulah, Wikus bertemu dengan alien bernama Christopher Johnson yang menyatakan kesanggupan untuk membalik proses mutasi Wikus. Ia pun punya harapan untuk kembali menjadi manusia.

Film debutan Sutradara Neill Blomkamp ini, mengambil lokasi di Johannesburg, Afrika Selatan. Konon kabarnya, District 9 bermula dari suatu tempat bernama District 6 di Cape Town, Afrika Selatan. District 6 dikenal sebagai sebuah tempat relokasi untuk orang kulit hitam pada 1970-an.

Neill terinspirasi dari politik apartheid yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Cape Town pada 1966 silam. Saat itu pemerintah menempatkan 60 ribu warga kulit hitam di Distrik 6.

Kedatangan alien digambarkan seolah-olah nyata, dengan gambaran film dokumenter berisi wawancara dengan masyarakat. Sehingga hasilnya seolah-olah nyata, bahwa di Johannesburg pernah singgah dan hidup komunitas alien.

Film ini khusus dewasa, dengan beberapa adegan kekerasan di dalamnya. Tidak seperti film alien lainnya yang mengambarkan mereka sangat jahat, di District 9 malah sebaliknya. Alien menjadi makhluk yang tertindas, oleh kekuasaan manusia.

Bagi sebagian orang, film ini agak membosankan di awal-awal. Namun begitu Wikus terinfeksi, ketegangan baru bisa dirasakan. Di sinilah daya tarik yang membuat film ini berhasil menembus puncak teratas box office. Hendri Nova

Jenis : Sci-Fi
Pemain : Jason Cope, Robert Hobbs, Sharlto Copley
Sutradara : Neill Blomkamp

No comments:

Post a Comment