Cara mendapatkan Informasi rinci tentang RAM dengan RAMMon

RAM (Random-Acces Memory) merupakan jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer dan merupakan tempat penyimpanan data sementara berfungsi menyimpan sistim aplikasi, sistem pengendalian, dan data yang sedang beroperasi atau diolah. Jika anda ingin mengetahui detail dari sebuah RAM anda bisa gunakan perangkat lunak gratis berikut ini.
RAMMon adalah sebuah aplikasi freeware untuk Windows yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengambil Serial Presence Detect (SPD) data dari modul terpasang mereka RAM di PC mereka. Sama seperti perangkat keras lain, RAM juga berisi informasi terperinci dan alat ini akan memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi banyak atribut, yang, meliputi produsen, data clockspeed dan lain-lain dari DDR2 mereka, perangkat memori DDR3 dan bahkan beberapa jenis memori yang sudah tua.

rammonscreenshot Cara mendapatkan Informasi rinci tentang RAM dengan RAMMon

Serial Presence Detect (SPD) adalah standar untuk menetapkan sistem host untuk mengambil atribut modul memori yang terpasang pada PC. Standar SPD ini dimaksudkan untuk digunakan pada setiap modul memori, independen dari teknologi memori atau faktor bentuk modul.
RAMMon menampilkan nilai yang tersimpan pada modul RAM seperti kapasitas memori, produsen, nomor seri, nomor model bagian, latency CAS mendukung dan tegangan modul. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan data spesifik SPD seperti ketebalan modul, lebar modul, operasi suhu maksimum dan banyak lagi.
Pengujian telah dilakukan pada sekitar 20 chipset motherboard yang berbeda dengan Supported Hardware sebagai berikut :
  • ATI (currently AMD)
- SB600
- SB7xx
- SB810, SB850
  • nVidia
- MCP
- nForce 4 MCP
- MCP 78
  • Intel
- ICH4/M
- ICH6/R/M
- ICH7/R/M
- ICH8
- ICH9
- ICH10
- PCH

No comments:

Post a Comment