Harga Jual Tertinggi Diraih Oleh BMW Dan Subaru


Memiliki mobil mewah dengan kualitas tinggi memang selalu di inginkan setiap orang, apalagi jika mobil yang digunakan merupakan mobil dengan merek terkenal. Tetapi apakah itu semua sudah cukup? Bagaimana jika suatu saat kita ingin menjualnya kembali, mungkin untuk diganti dengan mobil yang lebih baru. Apakah rela jika mobil yang kita miliki di beli dengan harga murah?

Tentu saja selain memiliki mobil dengan merek terkenal, kita juga menginginkan supaya mobil yang kita memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga saat hendak menjual mobil tersebut, harga yang ditawarkan tidak akan terlalu murah.

Lembaga penaksir nilai produk otomotif asal Irvine, California, Amerika Serikat, Kelley Blue Book, beberapa waktu lalu meluncurkan hasil riset mereka tentang nilai jual kembali mobil buatan 2010 atau model 2011. Hasilnya, merek Bayerische Motoren Werke (BMW) dan Subaru model 2011 terbukti memiliki nilai jual kembali terbaik.

Seperti dilansir The New York Times dan dikutip autoten.com, Selasa (28/12), lembaga itu mengatakan pada umumnya, semua merek mobil akan mengalami penurunan nilai atau harga jual saban tahunnya. Sehingga, secara kumulatif dalam lima tahun harga sebuah mobil baru tinggal 34 persen dari harga baru.

"Namun Subaru berhasil mempertahankan harga produknya hingga 39 persen. Sedangkan BMW mampu menjaga harga mobil hingga tetap bertahan 37,1 persen dari harga baru," papar Kelley Blue Book.

James Bell, analis pasar di Kelley Blue Book, mengatakan, satu keunggulan strategi Subaru dalam mempertahankan harga jual adalah menjaga keseimbangan antara permintaan dan persediaan.

Selain manajemen penawaran dan permintaan yang bagus, keunggulan lain merek itu adalah menjaga proyeksi pasar di masa mendatang. "Namun, kendaraan yang terbaik dalam mempertahankan nilai (harga jual kembali) adalah mereka yang mengobral diskon," tandas Bell.

Selain dua merek itu, Kelley Blue Book juga menobatkan 18 mobil berdasar kategori tertentu dalam jajaran Best Resale Value di 2010 ini. Berikut mobil-mobil tersebut :

1. Jenis mobil subkompak : Honda Fit
2. Mobil kompak : Mini Cooper
3. Mobil midsize : Honda Accord
4. Mobil full size : Ford Taurus
5. Mobil near luxury : Lexus IS
6. Mobil luxury : Audi A5
7. Mobil sport : Subaru Impreza WRX
8. Mobil high performance : Ford Mustang
9. Mobil hybrid/energi alternatif : Volkswagen Golf TDI
10.Mobil compact utility vehicle : Honda CR-V
11.Mobil midsize utility : Toyota FJ Cruiser
12.Mobil full size utility : GMC Acadia
13.Mobil luxury utility : BMW X5
14.Mobil mewah hyrid/energi alternatif : BMW X5 hybrid
15.Mobil midsize pick up : Toyota Tacoma
16.Mobil full size pick up : Ford F Super Duty
17.Mobil van : Toyota Sienna
18.Mobil wagon : Subaru Outback

No comments:

Post a Comment