Apa kamu termasuk riders yang sering naik motor di malam hari? Baik karena urusan pekerjaan, kuliah, atau hanya sekedar nongkrong bareng temen-temen? Emang sih berkendara motor di malam hari punya keasikan tersendiri, soalnya cuaca gak panas kaya siang hari yang bisa bikin kulit kamu jadi hitam. Nah, biar kamu makin nyaman lagi waktu berkendara di malam hari, ada beberapa hal yang harus kamu perhatiin nih..


1. Pada malam hari jarak pandang jadi terbatas, maka dari itu pastiin lampu motor kamu berfungsi dengan baik termasuk lampu rem/sein belakang supaya pengendara lain tau keberadaan kamu. Kalau kamu kurang puas dengan jangkauan penerangan motor, coba ganti lampu motor kamu dengan lampu tipe halogen. Lampu halogen bikin sorot lampu menjadi lebih terang yang pastinya bikin jarak pandang kamu semakin luas.


2. Usahain pakai helm berkaca bening atau transparan yang tanpa gores dan pastinya berlogo SNI kayak helm Honda, supaya pandangan kamu gak gelap dan sorot lampu dari kendaraan di depan kamu gak pecah dan bikin silau.


3. Satu lagi item yang harus kamu gunakan adalah jaket. Manfaat pakai jaket di malam hari adalah supaya kamu terlindung dari terpaan angin malam yang berbahaya buat tubuh, yang katanya sih bisa bikin paru-paru kamu bolong/rusak. Baiknya, pakai jaket berbahan tebal, kuat, tidak tembus angin seperti jaket kulit, jaket jeans, atau sweater. Selain bahan yang tebal, warna jaket yang cerah juga penting loh. Bila perlu tempeli jaket kamu dengan stiker fluorescent yang memiliki efek menyala ketika kena cahaya, supaya kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara lain terutama di kondisi jalan yang minim penerangan.