Tips Memberikan Botol Susu Pada Bayi

susu bayiMemberikan botol susu mudah dilakukan, tapi Anda perlu memastikan agar bayi dapat menelan dengan baik. Selain itu, bayi pun tidak menelan udara beserta susu.

Tips Memberikan Botol Susu pada bayi :

Berikut saran dari Dr Miriam Stoppard dalam bukunya berjudul "Panduan Kesehatan Keluarga":

1. Sebelum memberikan susu, periksalah suhu susu dengan meneteskan sedikit pada pergelangan tangan bagian dalam. Suhunya tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Jangan meninggalkan bayi dengan botol yang disangga oleh bantal atau ganjalan, ini berbahaya. Ia akan merasa sangat tidak nyaman jika menelan udara bersama susunya dan dapat tersedak. Ia juga akan kehilangan pelukan yang seharusnya ia nikmati saat minum susu.

3. Letakkan bayi pada lengan. Bayi akan sangat sulit menelan jika berbaring rata sehingga jangan memberikan susu dalam posisi ini, ia dapat muntah atau mual.

4. Jika hidung bayi mampet, ia tidak bisa menelan dan bernapas pada saat yang sama. Dokter dapat memberikan obat tetes hidung untuk digunakan sebelum minum susu.

5. Jangan mengganti susu formula tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan bidan atau dokter, bahkan jika Anda berpikir bayi Anda tidak menyukainya. Jarang sekali kesulitan minum susu tertentu. Meskipun sangat jarang, susu sapi menimbulkan alergi pada bayi dan dokter mungkin menyarankan penggunaan susu formula kedelai sebagai pengganti.

6. Bayi Anda tahu kapan ia sudah merasa kenyang, jadi jangan mencoba memaksanya tetap minum dan menghabiskan susu botol setelah ia berhenti menghisap.

sumber : okezone.com

No comments:

Post a Comment