Mengupas Kekurangan dan Kelemahan Apache RTR 160

Mengupas Kekurangan dan Kelemahan Apache RTR 160
APACHE RTR 160
Telah banyak kita ketahui kehebatan Apache RTR 160 seperti :
- Larinya kencang berkat Racing Throttle Respon
- Performa Mesin Bagus
- Tarikan Mantab
- Irit BBM
- Balancing Body bagus
- Stabil
- Speedometer Full Digital
- Finishing Mesin dan Body Rapi
- Power lebih besar dibanging motor sekelas 160cc ( Mega Pro)
- IDI – Digital Ignition System
- Roto Disk Brake
- Dll
Berikut ini ada beberapa komentar dari blog tetangga tentang Apache RTR 160
59. fahmi_Elantra - September 26, 2008
Hay, saya anak bandung nih.. Salam Kenal buat semua yang udah testi di blog ini. Sya baru beli RTR 160 warna item kira2 25 hari..tadi sore baru service pertama 500 km/sebulan. Ayo kita sharing bagaimana ni motor performance nya coz gwa bisa berkata karna dah mencobanya:
1. Jelas nihhh akselerasi ni motor emang jagonya, slogan nya juga RTR yang artinya ni teknologi RTR jagonya akselerasi mpe speed 80 k/h ngaceng abiss,,,ternyata tidak mpe 60 k/h ..nafasnya tambah 20 k/h. Semenjak masih inreyen..dah ga tahan pengen nge gas dalaem..makanya ketika masih pagi..dikelilingin mulu..hehehe..alhasil stnk dah ada langsung turun ke jalanan..km waktu itu dah 200-an. Pas jlan suk-hatta yang lurus gw coba larinya..wahh TOP BGT..Dah beberapa hari berlalu..penasaran maw di adu ama yang sekelas..kebetulan tiger revo byk yang berkeliaran,,aq tes ma revo..ternyata hehehe..maaf yahh..memble tuhh revoo..palagi megapro, thunder..dah kelaut..(maaf tapi ini fakta)..
2. Mesin..Performance mesin gw liat keren juga,, karna sebelum memutuskan nih motor gw keliling dulu ama bajaj,,gw tes bajaj xcd, 180 ama 200..gw liat motor bajaj suara ngerosok mesin kenceng bgt lagi stationer,, palagi yang xcd..waduh parah dehh.., kemudian dari visual mesin ni RTR lebih halus desain mesinnya dah sama kyak motor2 jepang, klo bajaj visual mesin terlihat kasar..Mpe detik ini..mesin RTR ga ada problem..cuma waktu inreyen mungkin masih blm klop,,perseneleng agak susah ke Netral,,tapi tadi sore dah di service perdana…perseneleng enak bgt dah mulus tanpa kendala..Getar mesin ga da waktu speed 100k/h..Overwhole untuk mesin..gw puas ni motor RTR.
3. Pertimbangan ketiga setelah 2 diatas adalah adanya pabrik TVS yang diresmikan SBY..hemat gw, adanya pabrik di indonesia memperlihatkan bahwa tvs memang bisa diandalkan untuk ke depannya..toh secara logika,,investasi TVS company punya pabrik di indonesia butuh modal gede, alhasil ni motor bisa diandalkan berpuluh2 tahun ke depan,,,oya..temen2 jangan khawatir tentang spare part..gw liat ke dealer tvs di bandung, di kopo,,spare partnya komplit..ni multiplier effect pabrik tvs yang dah ada di indonesia,,so supply spare part pasti lancar..
4. Terakhir,,gw salut ma kreatifitas TVS dalam memunculkan teknologi baru..yaitu dengan RTR nya..ni sebuah terobosan..begitu juga gw salut ma pulsar dengan DTS-i nya..(indie memang dah kreatif). Sisi kreatifitas ini yang menarik gw dlm membeli RTR, liat aja honda..varian tiger,,new tiger,megapro,new megapro,,mesinnya ga kreatif bgt..cuma ngerubah body n stripping..secara teknologi semua lewat ma RTR..diajak kebut memble tuhhh semua..dah dibuktikan..
Selama ini masyarakat indonesia ..lebih hanya memberli karena brand aja..honda dan yamaha..fanatik ama brand..hehehe..padahal kita tahu sekarang ini era globalisasi persaingan semakin kompetitif bgt..ni produk india (RTR) gw yakin sangat kompetitif dengan jepang,,masalahnya adalah edukasi masyaralkat indonesia yang bukan beli motor tapi beli brand aja..huhuhu..payah yahh..lebih payah lagii..indonesia nihhh..kapan dong maw kayak india nehhh..!!
Gitu aja bro..testi gw untuk sharing RTR 160..
60. wiro - Oktober 30, 2008
Sharing buat teman-teman yang butuh info tentang apache:
Sya di bandung.waktu tes motor ini ke bdg..dengan jarak 115 km (tasik-bdg) konsumsi BBM hanya Rp 3100..Saya jga sangat tdk percaya, karena sebelumnya motor bebek saya yang supra fit ga segitu abis 12 ribu. Selama di perjalanan tenaga juga oke bgt,,bahkan saya sering tarik pol gas..Sungguh aneh tapi nyata..
Saya setuju jika apache di sebut..The Best Motorsport Fuel Consumption..bayangin aja CC gede bisa irit banget.
61. Prazt - Nopember 23, 2008
Saya di Manado sudah putuskan buat beli TVS Apache 160, disini ada agen dan bengkelnya. Mulanya mau beli Pulsar 200 eh… barang telat2 terus jadinya inden sejak sebelum puasa. Tapi klo Apache sudah ready stock, tinggal pilih warna dan nomor cantik. Waktu test drive emang beda jauh sama Pulsar yang start pertamanya berat, malah mesin mati2 mulu, tapi kalo Apache galak banget malah roda depan bisa ngangkat jingkrak-jingkrak waktu lepas koping agak sedikit kelebihan, pokoknya muantaaap, gak nyesel dech.
67. Acong - Desember 18, 2008
Wah… bener-benr keren abis ni motor… sudah 5 bulan ane pake… muantafff abis… Tadinya mau ambil pulsar 180, wah sayang cetakan mesinnya kalah jauh dengan TVS… soal tarikan bener-bener deh, apa yang dibilang bro semua bener… pernah lihat yang lagi test ride sempat loncat-loncat karena kaget ama terikan nih motor… So, bagi yang mau tampil beda ngak ada salahnya nyoba nih motor…. sayang buatan India buka Indonesia … kapan yah Indonesia bisa bikin sendiri motornya….
Nah dari hal-hal diatas bagaimana dengan kekurangan Apache RTR 160, masak sih ga ada kekurangannya?? Sebagai buatan manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya, nah apa itu kita bahas disini sembari cari solusinya.
Kekurangan Apache :
1. Getaran mesin, hal ini disebabkan karena tidak adanya system peredam antara mesin dan body, atau setelan pada karburator tidak sesuai. Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, bisa kita berikan peredam antara mesin dan body dan setel karburator dengan tepat. Masalah getaran motor sendiri itu wajar.
2. Bunyi Tik Tik pada Mesin Saat Panas, hal ini sebenarnya wajar terjadi pada setiap motor manapun. Bunyi tik tik disebabkan karena klep mesin memuai saat panas. Kita ketahui bersama, jika logam mencapai suhu tertentu maka dia akan memuai. Jika setelan klep terlalu rapat, hal ini akan sering terjadi. Hal ini bisa diatasi dengan merenggangkan setelan klep, untuk hal ini bawa aja ke teknisi motor TVS. Masalah bunyi saat mesin panas melebihi batas maksimum itu wajar dan terjadi dimotor manapun.
3. Busi Bawaan yang kurang Bagus, Busi bawaan Apache dengan merk BOSCH memang kurang baik jika mesin digunakan untuk kemampuan maximum, karena busi ini tidak tahan panas. Hal ini mudah diatasi dengan cara mengganti Busi merk lain, seperti NGK dengan tipe dan bentuk hamper sama tentunya yang tahan panas.
4. Oli Bawaan kurang Pas, Oli bawaan Apache RTR 160 adalah Caltec 20w40, hal ini kurang cocok bila digunakan oleh Apache. Tentunya performa Apache tidak bisa maksimal. Untuk memaksimalkan performa lebih baik menggunakan Oli dengan standar 10W40 atau lebih baik. Disarankan Enduro Racing 10w40, akselerasi lebih mantab.
5. Ban Licin, Ban yang digunakan Apache dari pabriknya masih asli buatan TVS Tire. Ban ini kurang cocok digunakan di jalanan aspal Indonesia yang keras dan licin. Ban ini akan berbahaya karena licin dan sangat berbahaya jika kondisi jalan basah. TVS Tire mempunyai kualitas yang bagus, namun tidak cocok dengan kondisi aspal Indonesia. Solusinya tentu mudah, tinggal ganti aja ban lain yang tidak licin.
6. Mesin Cepat Panas, Jika motor Apache digunakan untuk bepergian jauh atau kebut-kebutan maka mesin akan cepat panas. Hal ini masih wajar terjadi pada setiap mesin motor. Sistem pendingin mesin Apache kurang memadai untuk mesin dengan performa tinggi seperti ini. Mesin dengan performa seperti ini seharusnya sudah menganut system pendingin air (Aquades) menggunakan Radiator dan tidak pendingin Oli secara langsung. Untuk mengatasi hal ini, bisa ditambahkan kondensor pendingin oli seperti yang dipasangkan pada Suzuki Satria FU untuk membuang panas mesin melalui pendinginan Oli di kondensor.
Saya rasa kekurangan Apache hanya itu dan tidak pernah menemukan kekurangan lainnya, seperti :
- Oli merembes
- Baut kendor
Hal tersebut belum pernah ditemukan kasus karena Quality Control yang bagus dan akurat.

No comments:

Post a Comment