
Sedangkan dilihat dari data penjualan kumulatif, pada periode Januari-November 2007, pasar otomotif nasional mencatatkan angka 395.300 unit. Di dalamnya, Toyota berhasil mendominasi 34,6% pangsa pasar melalui penjualannya yang mencapai 136.674 unit.
“Dibandingkan hasil penjualan di bulan Oktober, November lalu penjualan Toyota mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yaitu 4.812 unit. Segmen 4-x2, terutama Avanza dan Kijang Innova memberikan kontribusi terbesar dalam peningkatan penjualan ini,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM.

Selain itu, peningkatan angka penjualan juga ditunjukkan oleh produk-produk Toyota lainnya, di antaranya adalah Vios dan Rush. Penjualan kedua produk yang mendapatkan peringkat pertama survei IQS J.D. Power Asia Pasific 2007 (berikut Yaris) ini meningkat 44% (Vios) dan 74,5% (Rush) dibandingkan bulan sebelumnya.
Bahkan Vios memimpin pasar small sedan bulan November dengan penjualan 511 unit 39,6% m/s. Di kelas medium sedan, Camry mencatatkan penguasaan sebesar 79,3% yang merupakan angka market share tertinggi yang pernah dicapainya. Tahun sebelumnya, Camry menguasai 39,4% pasar medium sedan.
“Dan keunggulan produk Toyota tak hanya dibuktikan melalui angka penjualan. Berbagai penghargaan yang diterima baik dari media maupun lembaga survei independen, seperti Autobild Award 2007 (Vios, Avanza, Camry mobil terbaik di kelasnya) serta peringkat pertama SSI, CSI dan IQS J.D. Power 2007 (Yaris. Rush, dan Vios), juga merupakan cerminan kepuasan pelanggan dan pengakuan yang sangat berarti bagi kami,” tutur Johnny Darmawan.
Komposisi 5 besar pada pasar otomotif nasional November lalu adalah Toyota (35,2%), Mitsubishi (14,8%), Suzuki (13,5%), Daihatsu (10,4%), dan Honda (8,7%). /PR
No comments:
Post a Comment