Oto Tips TVS Rockz

Ayo Maksimalkan Audio TVS Rockz 125

 
Speaker depan bisa diganti lebih besar
Jakarta - Hiburan berupa lagu-lagu dari MP3 atau pun radio, jelas sangat menyenangkan kala di perjalanan. Tetapi hal ini sudah bukan milik pengguna kendaraan roda empat saja, tunggangan roda dua pun bisa menikmati lagu, terutama saat rehat di suatu tempat saat turing, misalnya.

Seperti fitur unggulan dari bebek TVS Rockz 125 yang memang sudah dari sononya memiliki kelebihan berupa MP3 player plus radio pada ‘tubuhnya’. Tetapi, kualitas suaranya tentu seadanya. Kalau ingin mendengarkan suara lebih baik lagi, kenapa tidak?

"Bisa-bisa saja meningkatkan kualitas audio yang ada di motor ini," ungkap Zasum, dari Pesona Audio di kawasan Pos Pengumben, Joglo, Jakbar. Tentunya, dengan mengandalkan kelengkapan yang ada alias peranti standar di TVS Rockz ini.

Dilihat dari kelengkapan yang ada Zasum langsung memprediksikan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan pada bekek India ini. Seperti peranti standarnya, sudah ada MP3 player dan radio, jadi sudah tidak perlu lagi menggunakan player lain,

Kemudian, ia pun menambahkan tak perlu lagi menggunakan fasilitas bluetooth seperti umumnya motor yang ingin dipasangi audio dengan head unit dari mobil, misalnya. "Wah sudah ada USB dan input juga," tuturya. Memang, USB port ini bisa membuat koleksi lagu MP3 dari dalam flashdisk dijadikan sumber lagu-lagu yang akan dimainkan.

Lantas, bagaimana langkah selanjutnya? "Untuk subwoofer bisa memanfaatkan ruang bagasi di bawah jok," katanya. Bisa menggunakan subwoofer berdiameter 8 inci atau 6 inci, ia pun menjelaskan.

Ruang bagasi dijadikan sarang subwoofer dan power amplifier

Jadi, bagasi tersebut dimal, lantas dibuatkan boks subwoofer. "Tetapi subwoofer-nya harus dipasang miring dan terbuat dari bahan tahan air, seperti konus dari plastik," lanjut lelaki berkacamata itu. Kemudian di bagian sisi bagasi pun diberi sil agar lebih aman lagi dari air. Tak lupa dibuatkan saluran keluar air, untuk mencegah kemungkinan air tergenang.

Sementara soal power amplifiernya, ia pun menyeleksi agar dimensi yang kecil bisa dimasukkan juga ke dalam bagasi tersebut. "Jadi, di dalam bagasi akan ditempatkan power amplifier dan subwoofer-nya sekaligus," jelasnya.

Kemudian, pada speaker standar di depan, bisa juga digantikan dengan kualitas yang lebih bagus. "Asalkan tahan air, tentunya. Bisa memanfaatkan speaker kecil atau tweeter," ungkapnya.

Lalu, sumber listriknya masih bisa memanfaatkan peranti asli dari motor. "Pakai power amplifier dengan ampere kecil saja, bisa dipasang. Lantas listriknya dialirkan ke inverter dulu, baru ke power amplifier," tutur Zasum. Nah, dari penjelasan itu, sudah bisa dibayangkan, seperti apa nanti jadinya. Kita lihat saja hasilnya nanti!

No comments:

Post a Comment