Cara Mudah Agar Tubuh Kebal Penyakit

Banyak cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya dengan berolahraga dan makan-makanan bergizi. Jika Anda rentan sakit, cobalah lima cara seru berikut agar sistem kekebalan tubuh jadi lebih baik, seperti dikutip dari www.care2.com.

1. Berciuman

Berciuman dapat membantu Anda menangkal virus flu. Dengan berciuman, Anda saling bertukar bakteri yang yang dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan berciuman dengan pasangan. Selain itu, bercinta juga bisa meningkatkan produksi immunoglobulin A (IgA), yaitu protein yang membuat bakteri patogen pemicu penyakit tidak berkembang menjadi penyakit.

2. Mendengarkan musik

Penelitian menunjukan mendengarkan musik juga meningkatkan produksi protein IgA. Tetapi untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus mendengarkan jenis musik jazz, bluegrass atau soft rock selama 30 menit. Terutama ketika muncul rasa nyeri dan stres. Bahkan setelah tak lagi mendengarkan musik, produksi IgA tetap berlangsung selama 30 menit.

3. Jalan cepat

Penelitian menunjukan berjalan cepat dengan membawa batu selama 45 menit selama empat hari atau lebih dalam satu minggu bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi frekuensi sakit. Jika Anda tidak sangggup membawa beban, cukup jalan cepat saja, tetapi jangan berlari.

4. Jangan menghembuskan napas terlalu kencang

Ketika sakit, hidung cenderung tersumbat dengan lendir. Daripada memuaskan keinginan untuk menghembuskannya keluar dengan kencang lebih baik konsumsi. Atau, keluarkan lendir satu persatu, hidung kanan atau hidung kiri dahulu. Itu karena hembusan keras sebenarnya bisa mendorong lendir masuk ke dalam sinus dan bisa membuatnya lebih sakit.

5. Sauna

Sama dengan minum banyak air putih, mandi sauna berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi. Racun yang mengendap dalam tubuh jika dibiarkan bisa membuat sistem imunitas menurun dan Anda pun mudah terserang penyakit.


Sumber
VIVAnews

No comments:

Post a Comment