Motor Tercepat Di Dunia Dari Suzuki


Texas - Banyak perusahaan berlomba dalam membuat mobil atau motor tercepat di dunia, rupanya tidak hanya perusahaan otomotif yang berusaha membuat kendaraan tercepat, di Texas telah terpecahkan rekor dunia terbaru yaitu seorang pembalap mampu membawa motornya mencapai 448.3 km/jam.

Pembalap yang mampu memecahkan rekor dunia bernama Bill Warner di Texas, Amerika Serikat. Bill Warner menggunakan motor Suzuki GSX1300R Hayabusa yang memiliki mesin 1299 cc + turbocharger, liquid-cooled inline 4 yang sudah di modifikasi supaya menghasilkan kecepatan tertinggi sehingga dapat memecahkan rekor dunia dengan 448.3 km/jam. Suzuki GSX1300R Hayabusa milik Bill Warner merupakan produksi tahun 2005, di tangan Warner Suzuki GSX1300R mampu menghasilkan tenaga hingga 650 hp dengan torsi mencapai 314 lb-ft.

Pembangunan Suzuki GSX1300R Hayabusa dilakukan secara bertahap selama 3 hari di Texas Mile yang melibatkan 76 motor dan 173 mobil yang saling beradu kecepatan, sebelum mencapai kecepatan 448.3 km/jam, Warner telah mampu mencapai 435 km/jam dan telah mematahkan rekor dunia sebelumnya yaitu 420.8 yang dicetak pada bulan Maret 2010.

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki GSX1300R Hayabusa milik Bill Warner yang mampu memecahkan rekor dunia :
Mesin:
Type: Liquid-cooled inline-4
Bore x Stroke: 81mm x 63mm
Displacement: 1299cc
Compression: 8.5:1
Redline: 12,000 rpm
Cylinder head: Stock
Valve train: DOHC, 16v
Cylinder head modifications: Ward Performance
Cams: Web Cam
Valves: Ferrea
Cam chain tensioner: Brock's Performance
Cylinder: Stock, aluminum, linerless design
Cylinder bore coatings: Millennium
Pistons: MTC
Rings: MTC
Pins: MTC
Circlips: MTC
Crankshaft modifications: Falicon
Connecting rods: Crower
Main bearings: Stock
Big end bearings: Stock
Crankcase: Stock
Crankcase: modifications: Harry's Machine
Oil pan baffle: Brock's Performance
Transmission: 6-speed constant-mesh
Transmission modifications: R&D
Transmission bearings: Worldwide Bearings
Transmission coatings: Power-Coat
Shift shafts: Brock's Performance
Clutch: MTC
Clutch type: wet, multi-stage lockup
Induction: Turbocharging
Turbo system: RCC Turbos
Turbocharger: Garrett
Heat exchanger: RCC Turbos
Bahan bakar: VP Racing Fuels C16
Top Speed: 448,3 km per jam
Daya: 650 hp
Torsi: 314 lb-ft


Sasis:
Frame: Stock
Frame modifications: McIntosh, raked +5 degrees
Subframe: McIntosh
Swingarm: McIntosh, 2-5 in. over stock
Wheelbase: 63 in.
Drive chain: Brock's Performance/EK
Chain lubricant: Alisyn
Sprockets: Vortex
Front wheel: BST carbon fiber, 3.5 in. x 17 in.
Rear wheel: BST carbon fiber, 8.5 in. x 18 in.
Wheel bearings: Worldwide Bearings
Front tire: Continental 120/70x17 Race Attack
Rear tire: Continental 240/40x18 Race Attack Custom
Tire warmer: Woodcraft
Brake master cylinder: ISR
Brake calipers: Stock
Brake lines: Spiegler
Brake pads: Spiegler/Carbone Lorraine
Brake rotors: Spiegler/ABM
Brake fluid: Valvoline Dot 4
Front suspension: Stock 2008 Hayabusa, Ohlins springs
Steering damper: Ohlins
Rear suspension links: Brock's Performance
Rear shock: Ohlins TTX
Bodywork: Custom
Fuel tank: Custom
Fuel capacity: 3.5 gallons
Paint: Color Concepts Auto Refinishing
Seat height: 28"
Weight: 590 pounds.

No comments:

Post a Comment