in Car Entertainment (ICE) untuk Menghilangkan Stres dan Bosan


Sesuatu hal paling menyebalkan adalah jika terjebak kemacetan, lalu lintas yang macet membuat seseorang menjadi stres, waktu juga banyak terbuang sia-sia, bahan bakar menjadi boros. Jalan raya ibu kota selalu identik dengan kemacetan yang tidak mungkin dihindari lagi karena wajib melewati jalan tersebut. Apa yang harus dilakukan supaya tidak mudah stres saat menghadapi kemacetan lalu lintas?

Banyak cara untuk menghilangkan rasa bosan dan stres saat macet lalu lintas, diantaranya adalah melengkapi kendaraan dengan piranti hiburan yang menarik supaya tidak cepat bosan berada di dalam mobil. Banyak sekali modifikasi sistem audio yang di sukai banyak orang, seperti Sound Quality (SQ), Sound Quality Loud (SQL), Sound Presure Level dan in Car Entertainment (ICE).

Kali ini yang akan dibahas adalah in Car Entertainment (ICE) karena modifikasi ini yang paling sering di gunakan oleh banyak orang. hal itu disebabkan kemudahan proses perakitan, sangat cocok untuk mobil yang di gunakan setiap saat, konsep yang hemat biaya tetapi sudah dapat menghasilkan hiburan audio, visual yang nyaman dan berkualitas. Semakin murah dan banyaknya jenis, ukuran, model TV player juga menjadi faktor gaya modifikasi ICE paling di minati masyarakat.

Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan untuk perakitan in Car Entertainment (ICE) :

1. Kenali peranti sesuai dengan kebutuhan.
Sebelum menentukan jenis sarana hiburan yang dibutuhkan, sebaiknya mengenali peranti di hiburan ICE tersebut.Setidaknya ada tujuh komponen atau peranti yang wajib anda kenali:

Pertama: head unit merupakan perangkat utama audio yang terdiri dari tape, DVD player, radio, perlengkapan komunikasi, dan sebagainya.
Kedua: monitor atau layar, yang berupa layar TV, perangkat ini banyak dijual di pasaran.
Ketiga: processor yaitu peranti yang berfungsi menjembatani head unit dengan fungsi speaker.  Melalui peranti itu installer biasanya merakit sistem audio sesuai dengan keinginan konsumen.
Keempat: speaker  atau pengeras suara. Ada beberapa jenis speaker yang terangkai hingga menghasilkan suara yang berkualitas, diantaranya midrange, midbass dan tweeter.
Kelima: amplifier . Peranti ini berfungsi sebagai alat pengolah sinyal suara, dan suara diolah dan diperbesar kekuatannya.
Keenam: subwoofer. Peranti ini berfungsi untuk melakukan reproduksi frekuensi audio bernada rendah.
Ketujuh: kapasitor bank. Perangkat ini bertugas untuk menstabilkan daya listrik pada sistem kelistrikan mobil, agar tenaga setrum mobil tidak tekor

2. Sesuaikan peranti dengan kapasitas ruang kabin
Setelah mengetahui beberapa peranti yang dibutuhkan, perkirakan kebutuhan ruang untuk penataan peranti tersebut dan sesuaikan dengan kualitas suara dan gambar yang anda inginkan. 

“Sebaiknya Anda konsultasikan dengan installer, penataan seperti apa yang sesuai dengan jenis mobil anda dan seberapa besar efek suara yang ditimbulkan,” saran Rico.

Perlu anda ketahui, untuk menempatkan subwoofer dan speaker perlu dibuat  kotak. Biasanya untuk kotak digunakan Medium Density Fiberboard (MDF) yang berukuran 15 mili meter (mm). Sedangkan untuk pelapisnya disesuaikan dengan pelapis jok atau dashboard mobil.

3. Pahami kelebihan dan kekurangan subwoofer
Ada beberapa jenis subwoofer yang saat ini sering digunakan oleh para modifikator. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.  “Agar mendapatkan suara yang pas, sebaiknya konsultasikan dengan installer, mana yang paling sesuai dengan jenis mobil anda,” kata Rico.
a. Sealed Box
Subwoofer ini menggunakan perhitungan volume untuk membantu mengurangi atau mengontrol perubahan. Selain memiliki kotak kecil, tenaga yang dikeluarkan besar, respon tepat, serta gampang membuatnya.
b. Vented
Kotaknya menggunakan lubang yang berfungsi untuk menambah output frekuensi rendah, sehingga distorsi suara sangat kecil. Hanya, tidak ada kontrol tuning frequency dan pembuatan boksnya sulit.
c. Infinite Baffle
Jenis ini menempel pada permukaan dengan memisahkan gelombang depan dengan bagian belakang sehingga tidak memerlukan ukuran yang besar.  Hanya, suara yang dihasilkan terbatas, sehingga sulit memperkuat gelombang depan dari belakang. Peranti ini cocok untuk mobil sedan.
d. Isobaric
Subwoofer  ini terdiri dari dua subwoofer dan dua amplifier yang menempel dengan kabel yang berlawanan. Kelebihannya, ukuran kecil sehingga distorsi suara rendah. Namun, efisiensi rendah karena harus menggabungan dua subwoofer.
e. Refleks bandpass
Subwoofer ini mirip dengan sealed box.  Peranti ini terdiri dari single reflex bandpass dan dual reflex bandpass. Namun, distorsi suara tinggi, gampang rusak dan proses pembuatannya sulit.

4. Pastikan sistem kelistrikan aman
Meski dari aspek daya, listrik mobil Anda dijamin tidak tekor berkat penggunaan kapasitor bank, namun pastikan penataan kabel kelistrikan aman. Pasalnya, dengan daya yang semakin besar berkat kapasitor bank bukankah risiko juga lebih besar bila pemasangan tidak aman?

Karena itu pastikan tidak ada kabel yang tidak terbungkus dengan rapi. Pastikan juga bahwa sambungan kabel listrik benar-benar aman. Demi kemananan sebaiknya kabel dibungkus dengan selang bakar maupun selang spiral yang  di toko audio.

Jangan lupa, gunakan  sekring di sambungan kabel power dari aki ke amplifier. Sedangkan sambungan kabel ke speaker sebaiknnya menggunakan timah solder. Selain aman, sambungan yang kuat menjadikan suara yang dihasilkan peranti audio terdengar konstan.

Itulah tips gampang untuk memasang peranti hiburan audio video di mobil Anda.

No comments:

Post a Comment